Jumat, 02 Oktober 2009

WordPress plugins untuk komentar (bag. 1)

Asyik juga belajar wordpress blog, salah satu blog yang memiliki sistem CMS (Content Management System) yang dikembangkan oleh Matthew Charles Mullenweg, pria kelahiran Houston, Texas, Amerika Serikat, yang lahir pada 11 Januari 1984. Wow … Umurnya masih muda yaa … ! dan ia berhasil menjadi pengusaha muda serta dinobatkan sebagai 16 dari 50 orang terpenting di Dunia Internet oleh PC World (Wikipedia). Ehm .. jadi bicara tentang kang Mullenweg, gak apa yaa … sekilas info sebagai acungan jempol buat kang Mullenweg atau buat sobat blog yang ingin lihat biografi dari Matthew Charles Mullenweg bisa dilihat disini http://id.wikipedia.org/wiki/Matthew_Charles_Mullenweg. Okay ... kita balik ke topik semula!

Topik kali ini ingin berbagi sekitar wordpress plugins untuk komentar atau bisa disebut juga wordpress plugin yang berhubungan dengan sesi komentar pada blog. Memasang atau menginstall plugin untuk blog kita menjadi sebuah kebutuhan agar blog bisa terlihat interactive dan user friendly. *Namun kita harus bisa memilah dan memilih plugin apa yang memang harus kita tambahkan sesuai kebutuhan ke dalam blog kita, jangan sampai space hosting kita luber akibat pemasangan banyak plugin. Yah … kalo space hosting besar silahkan saja! Kemudian muncul pertanyaan lagi, apa blog kita tidak berat dengan pemasangan banyak plugin ? kalo seperti itu pertanyaannya, gak ada salahnya kita mencoba pengalaman baru melalui sebuah blog dan terus bereksplorasi didalamnya dan jika ternyata blog kita berat load aksesnya, silahkan balik ketulisan saya yang ditandai bintang (*) :)


1. Comment-Rating

Untuk memasang plugin pada wordpress hosting sudah saya singgung sebelumnya dan bisa dilihat disini http://digituck.blogspot.com/2009/08/navigasi-page-number-pada-wordpress.html. Comment-Rating plugin ini di kontribusikan oleh Bobking, berfungsi untuk voting komentar dengan mengklik sebuah image (picture) yang berlabelkan LIKE or DISLIKE. Plugin bisa di download disini http://downloads.wordpress.org/plugin/comment-rating.2.7.2.zip, untuk opsi atau pilihan pengaturannya bisa dilihat di panel admin, Setting – Comment Rating.

comment-rating

2. SI-Captcha-for-wordpress


Plugin Captcha (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart) untuk wordpress ini dikontribusikan oleh Mike Challis, berfungsi untuk menampilkan kode captcha di comment form, registration form, login atau kesemuanya yang dibuat untuk membedakan antara mesin (bot) dan manusia. Plugin bisa didownload disini http://downloads.wordpress.org/plugin/si-captcha-for-wordpress.zip, untuk pengaturan konfigurasinya dapat ditemukan di panel admin Plugins – SI Captcha Options.

captcha-wordpress

3. Wp-ajax-edit-comments


Plugin dikontribusikan oleh Ajay, Ronalfy, berfungsi agar pengunjung yang memberikan komentar dapat mengedit dengan batas waktu yang ditentukan sebelum komentar tersebut masuk secara permanen. Pengunjung blog yang memberikan komentar pun tidak perlu meminta admin melakukan koreksi atas kesalahan komentar yang ia berikan karena admin memberikan batas waktu melalui pengaturan plugin tersebut untuk mengeditnya. Setelah mengaktifkan plugin maka muncullah beberapa opsi pengaturan plugin tersebut yang dapat dilihat di panel admin Setting – Ajax Edit Comments. Plugin bisa didownload di http://downloads.wordpress.org/plugin/wp-ajax-edit-comments.zip

wpAjaxEditComment

4. Akismet


Wah … ini seh dah gak asing lagi, siapa yang gak kenal dengan “Aki Ismet” Akismet salah satu plugin yang digarap oleh kang Mullenweg, dkk. Yang berfungsi untuk melindungi spam yang masuk melalui komentar blog. Plugin ini membutuhkan API key yang bisa didapatkan dengan cara mendaftarkan akun wordpress di http://wordpress.com/signup/
Plugin bisa didownload disini http://downloads.wordpress.org/plugin/akismet.zip

akismet

5. Commentluv


Plugin yang ini juga gak asing lagi, banyak para pengguna blog menggunakannya sebagai sebuah penghargaan bagi pemberi komentar dimana si komentator dapat meninggalkan sebuah link dari postingan terbarunya di sesi komentar blog yang sedang dikunjunginya. Commentluv plugin ini dapat didownload melalui situs pembuatnya di http://comluv.com atau di ……. http://downloads.wordpress.org/plugin/commentluv.2.7.62.zip, untuk konfigurasinya bisa ditemukan di admin panel Setting – Commentluv.

commentluv


bersambung ya .....

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Free Samples By Mail