Rabu, 12 Agustus 2009

Navigasi Page Number pada wordpress

Membuat page number untuk sebuah navigasi seolah menjadi keharusan bagi pemilik website. Page number adalah navigator yang sangat familiar dikalangan web log, kegunaannya sangatlah penting bagi mereka yang ingin membuat para pembaca betah berlama-lama di halaman situsnya. Pemetaan yang dilakukan oleh page number ditampilkan dibawah postingan artikel situs berupa nomor yang berurut berdasarkan postingan artikel yang ada hingga mengindexnya lebih rapih dan menjadikan halaman lebih nyaman untuk dikunjungi.

Untuk membuat page number seperti diatas dapat dilakukan dengan menambahkan plugin wp-page-numbers yang dapat didownload di http://downloads.wordpress.org/plugin/wp-page-numbers.0.5.zip, kemudian seperti biasa upload-lah plugin tersebut kedalam wordpress folder anda. ..../wp-content/plugin. Aktifkan plugin tersebut kemudian lakukan sedikit perubahan pada index.php yang terdapat pada theme file wordpress anda. Carilah kode berikut ini :


<?php next_posts_link('&laquo; Previous Entries') ?>
<?php previous_posts_link('Next Entries &raquo;') ?>
replace kode tersebut dengan ...
<?php if(function_exists('wp_page_numbers')) { wp_page_numbers(); } ?>
Page number telah berhasil menjadi bagian dari navigasi situs anda. Kemudian jika ingin mengganti style dari plugin tersebut, atur dan pilihlah dari menu Settings - Page Numbers sesuai yang diinginkan dari berbagai macam style yang telah tersedia.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Free Samples By Mail