Jumat, 21 Agustus 2009

Cara Manual installasi wordpress (self host on 000webhost.com)

Selain cara otomatis dengan menggunakan Fantastico untuk menginstal blog yang menggunakan wordpress, dapat juga dilakukan dengan menggunakan cara manual. Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

1. Download file wordpress.

Agar dapat menggunakan wordpress pastinya kita membutuhkan file-file wordpress yang dapat di download di http://wordpress.org/latest.zip dengan versi terakhir yang disediakannya.


2. Buat Database MySQL pada CPanel 000webhost.com

Buatlah sebuah database pada domain yang sebelumnya kita buat pada layanan domain gratis di co.cc. Lihat artikel sebelumnya di http://digituck.blogspot.com/2009/08/hosting-gratis-di-000webhost-dan-domain.html.

nameserver


Pilih picture icon MySQL pada CPanel. Kemudian tentukan Nama Database dan User serta password (lihat contoh dibawah ini!).



Setelah kita membuat Database pada MySQL di CPanel yang disediakan oleh Hosting gratis 000webhost maka kita akan mendapatkan informasi MySQL database yang kita buat. Perhatikan gambar berikut :


3. Ubah file wp-config.php

Extract file-file wordpress yang baru saja kita download pada langkah pertama. File wordpress terletak dalam 1 (satu) folder dengan nama wordpress. Carilah file wp-config-sample.php didalam folder wordpress tersebut kemudian copy paste file wp-config-sample.php (didalam folder wordpress itu juga). Kemudian rename atau ubah nama file tersebut menjadi wp-config.php.

Buka file tersebut dengan menggunakan Notepad++ (bisa didownload disini!) kemudian edit pada bagian :



Menjadi




4. Upload File Wordpress ke hosting.

File wordpress siap untuk di Upload ke dalam hosting. Upload bisa menggunakan fitur File Manager di CPanel yang tersedia di 000webhost dan bisa juga menggunakan software filezilla (download disini!)atau yang sejenisnya.

Untuk informasi mengenai File Upload Detail (FTP host name, FTP user name, FTP password) dapat dilihat pada CPanel View Account Detail.


Selesai ... blog wordpress dengan hosting di 000webhost siap dikonfigurasi untuk pertama kalinya. Isilah title blog, email, dsb ... dan selamat ber-blogging ria :D

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Free Samples By Mail