Senin, 28 Maret 2011

Definisi Sistem Informasi Geografis

Apa seh yang dimaksud dengan Sistem Informasi Geografis itu ? Atau yang dikenal dengan singkatan SIG. SIG dapat diartikan suatu komponen yang tediri dari perangkat keras, perangkat lunak, data geografis, dan sumber daya manusia yang bekerja bersama secara efektif untuk menangkap, menyimpan, memperbaiki, memperbaharui, mengelola, memanipulasi, mengintegrasikan, menganalisa dan menampilkan data dalam suatu informasi berbasis geografis.

Ada juga yang mendefinisikannya sebagai berikut; Sistem Informasi Geografis (SIG) / Geographic Information System (GIS) adalah suatu sistem informasi berbasis komputer, yang digunakan untuk memproses data spasial yang ber-georeferensi (berupa detail, fakta, kondisi, dsb) yang disimpan dalam suatu basis data dan berhubungan dengan persoalan serta keadaan dunia nyata.

Nah, … kemudian manfaat kita mempelajari SIG itu Apa ? Ok, …. Kalau kita perhatikan dari kedua definisi tersebut diatas, ditemukan bahwa sebuah Informasi-lah yang akan menjadi tujuan akhir yang dapat kita peroleh manfaatnya. Tentunya sebuah Informasi yang berkisar dalam bidang Geografis. Kemudian dapat kita tarik kesimpulan bahwa manfaat kita mempelajari SIG yang dapat dilihat secara umum yaitu memberikan informasi yang mendekati kondisi dunia nyata dengan memprediksi suatu hasil dan perencanaan strategis.

Sampai disini mudah-mudah kita dapat memahami apa itu definisi dari SIG dan sekaligus mengerti manfaat dari kita mempelajarinya.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Wow....mantap mas...
he...he...nggak tau mo komen apa, nggak ada ilmunya tentang ini...tapi bermanfaat kok sekedar ilmu dan informasi bagi pembaca seperti saya,,....

Salam
UJ

Unknown mengatakan...

Hai kak, terima kasih ya infonya, saya jadi tau garis besarnya manfaat kita mempelajari SIG yang dapat dilihat secara umum yaitu memberikan informasi yang mendekati kondisi dunia nyata dengan memprediksi suatu hasil dan perencanaan strategis.salam dari saya Gita Sefcia"_"
kalau kakak ada waktu silakan kunjungi blog saya
https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/gitasefcia
dan website kampus saya
https://www.atmaluhur.ac.id

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Free Samples By Mail