Senin, 03 Mei 2010

Gaytek dalam bersosialisasi di dunia maya

social networking

Gaytek atau Gaya Teknologi, bukan hanya gaya seseorang dalam penggunaan berbagai gadget atau perangkat teknologi baru. Namun gaytek juga bisa melingkupi gaya orang tersebut dalam bergaul atau bersosialisasi didunia maya, yang pada dasarnya teknologi baru bermunculan bukan hanya perangkat keras (hardware), tapi juga perangkat lunak (software) atau aplikasi yang turut mendukung didalamnya. Zaman sekarang siapa yang tidak kenal aplikasi berbasis web yang termasuk dalam kategori Social Networking seperti Facebook, Twitter, Friendster, FlickR, YM, MySpace, dsb. Wah, ...! Kalau masih belum kenal ataupun belum pernah mencoba salah satunya bisa jadi kamu Gaptek (Gagap Teknologi) bukan Gaytek. Oke deh ...! Lupain masalah Gaptek, sekarang kita akan sedikit mencoba untuk jadi orang yang Gaytek.

Sekarang kalau ditanya, "Apa sih tujuan bersosialisasi di dunia maya atau yang sering disebut Internet itu?"

mmmm .... Apa yaaa? *sambil garuk-garuk kepala*, mungkin ... bisa punya banyak teman, banyak relasi bisnis, jadi orang kaya dan terkenal di internet, bisa dapat pacar juga, bisa tanya masalah kita di forum-forum, gak bakal pernah hidup kesepian lagi deh ...!, teruuuus ... mmmm ...

Apapun yang jadi tujuan kita, sebisa mungkin, segala sesuatu yang berhubungan didalamnya adalah manfaat buat kita. Namun ingat! pandai-pandailah dalam memanfaatkan cara bersosial yang satu ini, jangan sampai malah jadi kepincangan buat kamu bersosialisasi di dunia sesungguhnya ataupun jadi hal yang merugikan buat kita, keluarga dan orang-orang disekitar kita.

"Lantas, bagaimana nih gaytek buat masalah yang satu ini ?". Ok, berikut ini adalah gaytek dalam bersosialisasi di dunia maya agar tujuan yang diulas diatas dapat tercapai seperti memiliki banyak teman online misalnya.

Wajib punya alamat email

Email singkatan dari Electronic Mail merupakan salah satu layanan mengirim pesan atau surat dalam bentuk electronik. Email inilah yang seringkali kita gunakan untuk mendaftar diberbagai layanan atau situs-situs jejaring sosial. Layanan email gratis pun kini sudah banyak yang menyiadakan diantaranya
Gmail Salah satu layanan email gratis dari Google dengan Google Talk sebagai wadah jejaring dari layanan tersebut.
Yahoo Layanan email dari Yahoo dengan Yahoo Messenger sebagai aplikasi jejaring sosial yang bisa diakses melalui email tersebut.
Hotmail Email yang disediakan oleh MSN dengan Windows Live Messenger sebagai wadah jejaring sosial dari layanan tersebut.
Plasa Layanan email dari Telkom Indonesia, banyak juga fitur lain yang disediakan didalamnya, diantaranya forum, iklan baris, blog, messenger, web messenger, chat, group, IRC-Chat, dsb. kini juga tersedia Online Store di situs tersebut. Dan masih banyak lagi layanan email gratis yang bisa kamu jumpai di internet.


Daftar di situs jejaring sosial

Daftar dan miliki akun di situs-situs jejaring sosial seperti yang sudah disebutkan diatas, ajak teman atau kenalan kamu bergabung, invite mereka untuk jadi teman didalamnya. Temukan juga teman-teman online lainnya yang masih berhubungan dengan teman kamu ataupun tidak, sapa dan kenal lebih dekat hingga bisa saling bantu-membantu dan bertanya berbagai hal yang kamu sedang hadapi. Biasanya mereka lebih suka disapa dan ditanya sesuai apa yang mereka bisa dan punyai. Misalnya saja berkenalan dengan teman online yang ahli dibidang komputer, kamu bisa tanya ke dia apa yang kamu belum ketahui di bidang tersebut.

Jadi seorang Blogger, kenapa gak ... !!!

Membuat blog merupakan salah satu kegiatan berselancar di dunia maya atau internet. Blog banyak disediakan secara gratis, misalnya saja Blogspot, Wordpress, Typepad, joomla dan lain-lain. Melalui blog kamu bisa belajar menulis, menuangkan ide-ide cemerlang kamu, curhat melalui artikel kamu, berpuisi, menulis tutorial, dsb. Blog sendiri mempunyai sosial yang lumayan buat kamu memiliki banyak teman online dan berinteraksi lebih didalamnya. Kalau mau mengenal atau belajar wordpress bisa di blog digituck ini melalui link http://www.digituck.com/tag/tutorial-blog !

Aktif di Forum-forum, jadilah subscriber !!!

Forum menjadi kebutuhan bagi setiap orang, mereka rata-rata memilih forum yang sesuai dengan bidangnya masing-masing. Siapa juga yang merasa dirugikan jika ikut di salah satu forum di internet! Bahkan mereka banyak mengambil manfaat dari salah satu sosial internet yang satu ini. Contoh, ketika seseorang menyukai dunia kedokteran, maka mereka lebih senang aktif dan mencari forum yang masih berhubungan dengan bidang tersebut. Keuntungan atau manfaat langsung dapat dinikmati melalui subscriber atau menjadi langganan dalam layanan forum tersebut dimana ketika ada kabar dari salah satu anggota forum maka subscriber yang kita aktifkan sebelumnya akan mengirimkan berita tersebut langsung ke email kita..Gaytek yang satu ini juga banyak diikuti dari berbagai kalangan dan tak kenal batas usia.


kredit image by http://dreamstime.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Free Samples By Mail