Sabtu, 30 April 2011

Optimalisasi SEO pada Wordpress

Title Tags

Salah satu teknik untuk memaksimalkan SEO (Search Engine Optimization) pada wordpress adalah memodifikasi bagian Title Tags yang terdapat di header.php. Kode pada Title Tags tersebut tidak biasa disediakan oleh wordpress theme, kegunaanya membuat halaman web kita lebih friendly untuk mesin pencari. Caranya ubah kode program diantara <title></title>melalui masuk ke dalam dashboard admin wordpress kemudian pilih Appearance – Editor dan pilih header.php, ganti kode program tersebut dengan kode seperti dibawah ini:


<?php if (is_home () ) { bloginfo('name'); } elseif ( is_category() ) { single_cat_title(); echo " - "; bloginfo('name'); }elseif (is_single() || is_page() ) { single_post_title(); } elseif (is_search() ) { bloginfo('name'); echo " search results: ";echo wp_specialchars($s); } else { wp_title('',true); } ?>

Kemudian simpan perubahan tersebut dengan menekan tombol Update File.

Meta Tags

Meta Tags merupakan cara menyampaikan infomasi penting ke search engine (Mesin Pencari) mengenai informasi suatu halaman web. Ada berbagai cara dari para master blog mengenai optimalisasi pada Meta Tags tersebut, diantaranya yang paling familiar adalah dengan menambahkan plugin All-In-One SEO Pack yang dapat didownload di http://downloads.wordpress.org/plugin/all-in-one-seo-pack.zip yang dikembangkan oleh Michael Tortbert, saat postingan ini ditulis versi yang digunakan adalah Versi 1.6.4.1. Kemudian setelah plugin diaktifkan jangan lupa untuk meng-enable-kan status plugin dan memberi deskripsi-deskripsi yang sesuai dengan kriteria web anda pada menu Option Configuration Panel bawaan dari plugin tersebut.
Cara yang lainnya untuk optimalisasi pada Meta Tags adalah dengan menggunakan Webmasters Tools dari layanan Google. Silahkan login dengan menggunakan account google anda di https://www.google.com/webmasters/tools kemudian setelah login berhasil maka anda diminta untuk mengisikan atau menambahkan alamat Website anda melalui tombol Add a site untuk memperoleh verifikasi Meta Tags dari Google. Copy verifikasi tersebut yang kira-kira seperti ini ….

<meta name="verify-v1" content="O6vYqFkCMROQ8E9OD88GbLZg5DgI1BSHtKR15NRU=" />

…. Paste Kedalam header.php. Letakkan dibawah ….


<meta name="generator" content="WordPress <?php bloginfo('version'); ?>" />

Setelah berhasil meletakkan verifikasi tersebut didalam header.php maka selanjutnya anda diminta untuk memverifikasikannya dengan memilih Get Verification sehingga status verifikasi berubah menjadi verified. Okay … selamat mencoba !

3 komentar:

Krim penghilang flek hitam mengatakan...

artikel yang sangat bermanfaat

Cream pemutih wajah alami aman BPOM mengatakan...

Nice gan

Cream pemutih wajah alami mengatakan...

terimakasih artikel nya gan

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Free Samples By Mail