Minggu, 02 Agustus 2009

Mengenal Visual Basic 6 .. lanjutan

Setelah mengetahui komponen atau ToolBox Standar pada postingan sebelumnya Nama dan Fungsi ToolBox pada VB 6.0, maka dibagian ini akan coba mengulas secara singkat bagaimana cara kita berinteraksi pada program VB 6.0

Desain pada Form

Setelah anda aktif pada sebuah Form, maka setiap objek kontrol pada Toolbox yang diklik ganda akan berpindah pada halaman Form dan bisa juga dengan men-drag kontrol tersebut dengan meletakkannya pada Form dengan posisi masing-masing secara teratur sesuai yang kita inginkan. Setiap objek komponen tersebut dapat anda atur dengan memberikan fungsinya pada jendela properties disebelah kanan.

Dalam menggunakan identitas nama setiap objek haruslah berbeda dengan objek lainnya, namun apabila diberikan identitas nama yang sama antar objek maka VB akan menganggapnya sebagai array.

Struktur Penulisan kode

Setelah mendesain sebuah form, maka anda dapat mengklik ganda pada objek yang hendak diberikan tugas pada saat event (kejadian) dikerjakan. Dapat juga dengan mengklik toolbar code pada bagian atas kiri pada jendela Project Explorer. Jendela penulisan kode akan terbuka dan siap untuk dituliskan perintah yang berkenaan dengan objek saat akan digunakan. Event yang ada dapat anda ubah sesuai kebutuhan, dengan cara mengklik combobox secara pulldown pada bagian kanan atas jendela kode.


Mengaktifkan Bantuan

Dalam Pemprograman VB terdapat 3 (tiga) cara sebagai fasilitas bantuan :


  1. Bantuan berbentuk MSDN, dapat dipanggil dengan menekan tombol F1 pada keyboard. Anda dapat membeli paket terpisah installasi MSDN tersebut, sangatlah penting dalam menemukan librari atau kumpulan penjelasan-penjelasan maupun perintah dalam pemprograman VB.
  2. Bantuan Object Explorer, dapat dipanggil dengan menekan tombol F2 pada keyboard.
  3. Bantuan Jendela Properties berbentuk mini yang akan ditampilkan sesuai dengan setiap objek pada saat penulisan kode dalam Jendela Kode tersebut.


Menjalankan Program

Untuk melihat hasil desain Form setelah kita memberikan fungsi pada setiap objek didalamnya, maka saatnya desain tersebut kita jalankan (Run Program) dengan menekan tombol F5 pada keyboard atau mengklik icon Run ( ) yang berada tepat dibawah baris menu, bisa juga dengan memilih menu RunStart.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Free Samples By Mail